Ubin Jalur Difabel – Bagi masyarakat terlebih yang bertempat tinggal di kota tentunya kerap menemukan ubin atau keramik yang diatasnya mempunyai desain timbul seperti bulatan-bulatan kecil atau pun berupa garis memanjang.

Lantai dengan tekstur berpola diatasnya ini bukanlah difungsikan untuk memperindah tatanan kota semata, namun juga untuk membantu memandu penyandang disabilitas untuk menemukan jalur yang tepat dan aman.

Ubin keramik berpola ini sering disebut dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Tactile paving jalur pemandu difabel ini dapat disebut sebagai ubin keramik yang memiliki permukaan dengan pola yang berguna untuk sarana dalam memandu penyandang disabilitas untuk menjumpai jalur yang tepat untuk melangkah dan membuat lebih mudah bagi penyandang disabilitas tersebut dalam menuju lokasi tujuan.

Jadi sangat besar kegunaan dari Guiding block tactile paving ini menjadi ubin keramik dengan tekstur berpola diatasnya yang difungsikan untuk membantu memberikan kemudahan pada Tunanetra dan pejalan kaki lainnya.

Pengertian Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Tactile guiding block merupakan salah satu lantai yang sekarang ini sering ditemui sebagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintah baik di fasilitas pada jalanan umum maupun pada gedung-gedung.

Tactile paving block jalurTunanetra ini sudah banyak terpasang khususnya pada daerah kota-kota yang padat penduduk misalnya saja Guiding Block di kota Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Bali, Balikpapan.

Walaupun sudah banyak tertempel di banyak tempat, sepertinya ada beberapa orang yang kurang mengerti peran dan fungsi dari tactile guiding block tersebut.

Penggunaan Tactile paving block ini sudah banyak dipakai di berbagai negara maju bahkan telah ada peraturan perundang-undangannya untuk merealisasi jalur yang baik bagi penderita tunanetra.

Fungsi Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Fungsi Ubin Jalur Difabel

Tujuan dari pengaplikasian Guiding block tactile paving ini difungsikan sebagai ubin khusus yang dipasang untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang Tunanetra agar dapat memberikan kenyamanan saat berjalan baik bagi penyandang difabel ataupun bagi pejalan kaki lainnya.

Selain itu, ada beberapa peran dan fungsi dari penggunaan Ubin difabel guiding block ini, antara lain:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Disabilitas
Tactile paving memiliki peran utama yaitu sebagai sarana dalam mengarahkan para Tunanetra ketika berjalan dengan aman tanpa rasa khawatir akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Pada Guiding Block ini ada pola-pola yang berfungsi untuk memberikan tanda untuk menjadi penunjuk jalan untuk penderita tunanetra dalam melangkah. Pada Guiding Block ini terdapat 2 pola yang tidak sama yang terinspirasi dari huruf Braile.

Dua pola itu adalah pola garis-garis lurus yang memiliki kegunaan untuk menyokong dalam memandu dan mengarahkan penyandang Tunanetra, selain itu pun motif ini juga mempunyai pengertian bahwa di jalan tersebut bisa berjalan terus, Tactile paving ini sering disebut dengan Tactile guiding block Line type. Tactile paving block line type ini biasa ditempelkan berderetan memanjang selaras dengan rute jalan.

Satu motif yang lain yaitu Tactile guiding block dengan pola titik bulat atau bulatan-bulatan kecil yang sering dikenal dengan sebutan Guiding block tactile paving Spot type. Tactile paving block spot type berguna untuk memberikan isyarat untuk berhenti atau memberitahukan bahwa adanya perubahan situasi.

2. Memberikan keamanan untuk penderita tunanetra di saat berjalan
Meski memiliki keterbatasan fisik, seorang penyandang Tunanetra tetap memiliki kewajiban yang sama di dalam menggunakan fasilitas seperti jalan, trotoar, dan sebagainya yang tersedia di masyarakat.

Dengan dipasangnya media bantu itu diharapkan bisa berfungsi dalam meminimalkan terjadinya resiko bahaya yang dapat menimpa Tunanetra di waktu berjalan.

Selain itu dengan dipasangnya Tactile paving ini dapat memberikan kemudahan akses untuk difabel serta bagi pejalan kaki lainnya.

3. Memperindah tatanan kota
Manfaat yang lainnya dari Guiding block tactile paving ini yaitu untuk meningkatkan nilai keindahan dari tatanan kota karena dengan adanya Tactile guiding block ini mampu memperindah tampilan kota seperti jalanan umum, trotoar, dan lain-lainnya.

Selain itu, tentunya dengan memasang Guiding block tactile paving ini akan mendapat nilai lain yaitu sebagai kota yang peduli akan kepentingan bersama tak terkecuali untuk para penyandang disabilitas.

Pemasangan Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Pemasangan Guiding Block Ubin Disabilitas Tunanetra

Pemasangan Guiding block tactile paving ini merupakan suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 tentang “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Tactile paving ini biasanya dipasang pada lokasi-lokasi dan sarana-sarana umum misalnya saja jalan taman, trotoar, terminal, stasiun, perpustakaan, Bank, dan lain sebagainya.

Kemudian adapun jalur jalan yang diberikan Tactile guiding block ini diantaranya yakni pada jalur lalu lintas kendaraan, di jalur menuju tangga, di depan pintu masuk dan keluar gedung, di jalur pintu masuk dan keluar transportasi umum, jalur untuk pejalan kaki misalnya trotoar, jalur yang menghubungkan antara jalan dengan bangunan, serta jalur umum yang mengarah ke transportasi umum terdekat.

Selain di luar ruangan, pemasangan Tactile paving digunakan pada bangunan kecuali rumah tinggal dan rumah deret direkomendasikan untuk diberi fasilitas Guiding Block ini untuk mempermudah bagi penyandang Tunanetra dan lanjut usia dalam beraktivitas.

Sekarang ini penggunaan Guiding Block yang diproduksi dari material logam lebih banyak digunakan, khususnya untuk diterapkan di dalam gedung bangunan. Guiding Block yang diproduksi dari logam terutama yang anti dengan karatan.

Pemakaian Guiding Block dari logam ini memiliki kelebihan baik dari desainnya yang mampu menambah lingkungan menjadi terlihat lebih modis dan tatanan kota menjadi semakin cantik dan dari segi keawetan yang pastinya akan lebih kokoh dan awet.

Dibutuhkan Tactile guiding block yang berkualitas supaya bisa memperoleh manfaat yang sebanyak mungkin dari pemakaian Tactile guiding block tersebut bagi para Tunanetra maupun untuk masyarakat lainnya.

Jual Guiding Block Ubin Jalur Difabel

Pabrik Ubin Jalur Difabel

Apabila Anda sedang mencari produk Tactile paving block ini, terlebih yang terbuat dari logam yang anti terhadap karat, kami merekomendasikan untuk memilih Guiding block tactile paving dari kami Futake.

Futake merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai produk turunan logam, diantaranya produk Guiding Block ini. Dari Guiding block tactile paving yang diproduksi dari logam biasa hingga Guiding block tactile paving yang diproduksi dari bahan stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun bisa sesuai dengan request dari customer, dan tentunya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yakni sebagai media untuk membantu menjadi jalur pemandu bagi Tunanetra.

Untuk info ataupun sebelumnya ingin bertanya tentang produk Tactile guiding block ini bisa menghubungi nomor Telephon atau WA 0822-2999-2299 (Anis) | 0813-7799-0055 (Candrika).

Kami FUTAKE akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *