Banyaknya pilihan mesin seperti mesin batako paving mempermudah Anda untuk tidak hanya mencetak batako tapi juga paving. Kemudahan dalam mencetak ini memungkinkan Anda untuk membuat batako atau paving dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat. 

Untuk tahu lebih baik tentang mesin batako paving sebelum Anda membelinya, cek informasi berikut ini. 

Keunggulan Menggunakan Mesin Batako Paving 

Secara garis besar, mesin batako paving memiliki fungsi atau bermanfaat untuk membuat batako dan paving dengan lebih mudah. Jika dijabarkan, ketika Anda menggunakan mesin cetak batako otomatis dan mesin paving, Anda akan mendapatkan keuntungan seperti berikut:

Pencetakan Batako dan Paving Block Lebih Mudah

Fungsi utama mesin batako paving adalah mencetak unit-unit batako dan paving block dari campuran material seperti beton, pasir, dan kerikil. Jadi, Anda hanya perlu untuk menyediakan material tersebut dan nantinya material akan dipadatkan dan membentuk menjadi batako atau paving. 

Meningkatkan Produktivitas

Dengan menggunakan mesin batako paving, proses pencetakan batako dan paving block dapat dilakukan secara otomatis dan efisien. Di sisi lain, pencetakan batako dan paving ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan produktivitas dalam proyek konstruksi. Dengan begitu, waktu produksi bisa Anda meminimalkan dan Anda alokasikan untuk pengerjaan yang lainnya. 

Memastikan Konsistensi

Mesin ini memastikan bahwa batako dan paving block yang dihasilkan memiliki dimensi dan karakteristik yang seragam, sehingga memudahkan proses pemasangan dan menciptakan hasil akhir yang estetis. 

Agar lebih konsisten, maka Anda perlu memastikan jika adonan material yang Anda gunakan memiliki komposisi yang sama. Dengan begitu, tidak hanya bentuk tapi juga kualitas batako/paving yang Anda buat tetap terjaga dengan baik. 

Mengurangi Biaya Tenaga Kerja

Dibandingkan dengan pencetakan manual, penggunaan mesin batako paving dapat mengurangi ketergantungan pada pekerja manual dan menghemat biaya tenaga kerja dalam jangka panjang.

Jika Anda menggunakan cara manual, Anda sendiri bisa membuat batako atau paving. Namun, tenaga Anda yang akan terkuras lebih banyak karena harus melakukan semuanya sendiri. 

Sedangkan jika Anda menggunakan mesin, maka Anda hanya butuh sekitar 2-3 operator mesin. 1 orang untuk memasukkan adonan batako/paving, 1 orang yang mengaduk dan 1 orang yang mengoperasikan mesin. 

Walaupun hanya 3 orang, tapi dalam waktu yang singkat Anda bisa langsung menghasilkan paving/batako yang konsisten dan berkualitas. 

3 Jenis Mesin Batako Paving dan Plus Minusnya

mesin batako paving Futake
mesin batako paving Futake

Ada 3 jenis mesin batako paving berdasarkan pada sistem kerjanya. Selengkapnya, cek di sini. 

Mesin Paving Block Hidrolik

Mesin ini menggunakan tekanan hidrolik untuk mengompres campuran material ke dalam cetakan, menghasilkan batako atau paving block dengan kekuatan dan kepadatan yang tinggi. Mesin ini cocok untuk produksi massal dan memberikan hasil yang konsisten. Contohnya adalah mesin batako paving hidrolik dari Futake yang menggunakan penggerak Dinamo 5.5 Hp (2 Unit)

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan jika Anda menggunakan mesin paving block hidrolik. 

  • Kekuatan dan Kepadatan Tinggi

Menggunakan tekanan hidrolik menghasilkan batako atau paving block dengan kekuatan dan kepadatan yang tinggi, sehingga produk akhir lebih tahan lama dan kuat.

  • Produksi Massal

Cocok untuk produksi massal karena dapat mencetak banyak unit dalam waktu singkat, meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

  • Konsistensi Hasil

Mesin ini memberikan hasil yang konsisten dalam hal dimensi, bentuk, dan kualitas, mengurangi kesalahan dan meningkatkan kualitas produk akhir.

  • Efisiensi Energi

Penggunaan tekanan hidrolik dapat menghasilkan pencetakan yang efisien dengan penggunaan energi yang relatif rendah.

Kekurangan: 

Namun, mesin paving block hidrolik memiliki kekurangan, seperti: 

  • Biaya Tinggi

Mesin ini cenderung memiliki biaya awal yang tinggi. Karena hal tersebut, membuat mesin ini kurang terjangkau untuk pengusaha kecil atau skala produksi yang lebih kecil.

  • Perawatan dan Perbaikan

Membutuhkan perawatan dan perbaikan rutin yang lebih intensif karena kompleksitas sistem hidroliknya. Jika tidak maka mesin akan mudah rusak. 

Mesin Paving Block Semi-Otomatis

Mesin ini memerlukan intervensi manual dalam beberapa tahap, seperti untuk:

  • Pengisian campuran material ke dalam cetakan.
  • Pemindahan unit-unit yang sudah jadi. 

Kelebihan:

Ada beberapa kelebihan dari mesin paving block semi-otomatis yang perlu Anda tahu, yaitu: 

  • Harga Terjangkau

Lebih terjangkau dalam hal harga jika Anda bandingkan dengan mesin hidrolik. Karena hal tersebut, jenis mesin ini cocok untuk pengusaha kecil atau skala produksi menengah.

  • Kontrol Manual

Memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol yang lebih besar terhadap proses pencetakan. Misalnya, pengisian campuran material atau penanganan unit-unit yang sudah jadi.

  • Penggunaan Tenaga Kerja

Mesin ini membutuhkan sedikitnya tenaga kerja dibandingkan dengan metode pencetakan manual sehingga bisa meningkatkan efisiensi produksi.

Kekurangan:

Sayangnya mesin ini juga memiliki kelemahan, seperti:

  • Konsistensi Produksi yang Kurang Optimal

Meskipun pengguna memiliki kontrol manual, konsistensi produksi mungkin kurang dibandingkan dengan mesin hidrolik, karena rentan terhadap kesalahan manusia. Karena hal tersebut, jika Anda menggunakan mesin ini, maka Anda perlu lebih teliti untuk memaksimalkan konsistensi produksi.

  • Produksi Tidak Sepenuhnya Otomatis

Mesin ini memerlukan intervensi manual dalam beberapa tahap proses pencetakan. Proses manual inilah yang dapat memperlambat proses produksi secara keseluruhan.

Mesin Paving Block Otomatis

Mesin otomatis ini dirancang untuk melakukan seluruh proses pencetakan secara otomatis tanpa intervensi manual. Mesin ini sangat efisien dan cocok untuk proyek konstruksi besar yang membutuhkan produksi batako atau paving block dalam jumlah besar.

Kelebihan:

Jika Anda menggunakan mesin paving block otomatis, maka Anda bisa merasakan keunggulan seperti berikut ini.

  • Produksi Otomatis

Mesin ini dapat melakukan seluruh proses pencetakan secara otomatis tanpa intervensi manual. Hal tersebutlah yang kemudian dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

  • Konsistensi dan Presisi

Menghasilkan produk dengan konsistensi yang tinggi dalam hal dimensi, bentuk, dan kualitas, karena minimnya kesalahan manusia.

  • Efisiensi Produksi

Memungkinkan produksi batako atau paving block dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Alhasil, mesin ini cocok untuk proyek-proyek konstruksi besar.

Kekurangan:

Sayangnya, penggunaan mesin paving block juga memiliki kekurangan seperti:

  • Biaya Tinggi

Mesin otomatis cenderung memiliki biaya awal yang tinggi, membuatnya kurang terjangkau untuk pengusaha kecil atau skala produksi yang lebih kecil.

  • Perawatan Kompleks

Memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang lebih kompleks karena teknologi otomatisasinya. Karena itu, jika Anda memilih untuk menggunakan mesin yang otomatis, maka Anda membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk mengoperasikan dan pemeliharaan.

Salah satu mesin batako paving otomatis yang bisa Anda gunakan adalah Mesin Cetak Batako Paving Vibrator 2 Otomatis. Mesin ini memiliki ukuran 135 x 70 x 185 cm dengan rangka UNP 8. 

Sebagai penggerak mesin ini menggunakan dynamo 7,5 HP. Dengan penggerak tersebut, mesin ini mampu bekerja 8 jam ini mampu menghasilkan:

  • Paving hexagonal 1000/hari. 
  • Batako 1000/hari
  • Paving block 2000/hari. 

Dengan kemampuan tersebut, Anda bisa bekerja dengan optimal terutama ketika Anda membutuhkan paving/batako dalam jumlah banyak. Jadi, jika Anda ingin segera produktif dan menjemput rezeki lewat cetak batako dan paving, langsung saja hubungi 0813-7799-0055 atau 0822-2999-2299. Ada penawaran spesial yang hanya bisa Anda dapatkan jika menghubungi kami sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *