Dumbbell atau dumbel dan barbel itu berbeda. Keduanya sama-sama merupakan alat yang kerap digunakan untuk latihan beban tapi keduanya memiliki bentuk yang berbeda. 

Jika Anda termasuk yang belum bisa membedakan antara dumbel dan barbel, maka jangan skip informasi berikut ini. 

Perbedaan Dumbel dan Barbel

Dumbel adalah peralatan latihan beban yang terdiri dari bilah pendek dengan pegangan di kedua ujungnya. Sedangkan barbel adalah Barbel adalah peralatan latihan beban yang terdiri dari bilah panjang dengan pegangan di tengahnya.

Jika dijabarkan, dumbel dan barbel memiliki perbedaan seperti berikut ini.

Perbedaan  Dumbel  Barbel 
Bentuk  Berbentuk seperti bilah pendek dengan pegangan di kedua ujungnya. Berbentuk seperti bilah panjang dengan pegangan di tengahnya.
Berat  Biasanya beratnya lebih ringan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dengan menambah atau mengurangi piringan berat. Biasanya lebih berat karena terdapat piringan berat yang dipasang di kedua ujungnya.
penggunaan Lebih fleksibel dan cocok untuk latihan dengan variasi gerakan, terutama latihan tangan tunggal. Cocok digunakan untuk latihan beban besar dan gerakan yang melibatkan banyak otot, seperti squats dan bench press.
Stabilitas Lebih memberikan stabilitas karena berat yang terbagi secara merata di kedua sisi tubuh. Memerlukan lebih banyak stabilitas karena beratnya yang terpusat di tengah
Fokus latihan Lebih sering digunakan untuk latihan isolasi otot, seperti latihan bisep curls atau shoulder press. Lebih sering digunakan untuk latihan compound yang melibatkan beberapa grup otot sekaligus, seperti deadlift atau squat.
Pemindahan dan penyimpanan Lebih mudah untuk dipindahkan dan disimpan karena bentuknya yang kompak. Lebih sulit untuk dipindahkan dan disimpan karena ukurannya yang besar dan berat.

Manfaat, Keunggulan dan Kelemahan Latihan Menggunakan Barbel dan Dumbel

barbel
latihan menggunakan barbel

Ada kalanya, Anda sebaiknya latihan menggunakan barbel dan ada kalanya juga lebih baik menggunakan dumbel. Berikut plus minus latihan menggunakan barbel dan dumbel.

Menggunakan Barbel

Barbel umumnya  terbuat dari logam dan memiliki piringan berat yang dipasang di kedua ujungnya. Karena hal itu, Anda bisa menambah atau mengurangi berat beban untuk latihan. 

Latihan menggunakan barbel memberikan manfaat seperti berikut ini:

  • Peningkatan kekuatan dan daya ledak: latihan dengan barbel membantu mengembangkan kekuatan dan daya ledak otot, terutama pada latihan compound seperti deadlifts dan squats.
  • Latihan fungsional: barbel memungkinkan latihan gerakan fungsional yang dapat mentransfer ke kegiatan sehari-hari, seperti mengangkat beban atau mengangkat benda berat.
  • Peningkatan massa otot: barbel memberikan kemampuan untuk menggunakan beban yang lebih berat, yang dapat membantu dalam pengembangan massa otot secara efektif.
  • Efisiensi latihan: latihan dengan barbel efisien karena melibatkan banyak otot sekaligus, memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dalam waktu yang relatif singkat.
  • Kemajuan berat yang mudah: Anda dapat dengan mudah meningkatkan berat latihan dengan menambah piringan berat pada barbel, memungkinkan Anda untuk terus menantang otot-otot Anda.

Ada keuntungan dan kelemahan latihan menggunakan barbel, yaitu:

Keuntungan Barbel

  • Latihan compound: barbel lebih efektif untuk latihan compound yang melibatkan beberapa grup otot sekaligus, seperti squats, deadlifts, dan bench press.
  • Kemajuan berat: Anda dapat dengan mudah meningkatkan berat latihan dengan menambah piringan berat pada barbel, memungkinkan Anda untuk terus menantang otot-otot Anda.

Kelemahan Barbel

  • Kurangnya fleksibilitas gerakan: barbel cenderung membatasi variasi gerakan dibandingkan dengan dumbel. Ini membuatnya kurang cocok untuk latihan isolasi atau gerakan dengan tangan tunggal.
  • Stabilisasi yang diperlukan: penggunaan barbel memerlukan lebih banyak stabilitas karena beratnya yang terpusat di tengah, sehingga latihan dengan barbel bisa lebih menantang dalam hal keseimbangan.
  • Pemindahan dan penyimpanan: barbel lebih sulit untuk dipindahkan dan disimpan karena ukurannya yang besar dan berat, serta memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan. Bahkan, untuk latihan, Anda sebaiknya memiliki partner yang akan bisa membantu Anda memindahkan barbel ketika Anda sudah tidak kuat mengangkat beban. 

Menggunakan Dumbel

Dumbel umumnya terbuat dari logam, plastik, atau bahan lain yang berat tapi mudah digenggam. Karena hal tersebut, dumbel memiliki berbagai pilihan berat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan latihan. Misalnya, 1 kg, 2 kg, 5 kg, 10 kg. 

Jika Anda latihan menggunakan dumbel, maka Anda akan mendapatkan manfaat seperti berikut ini:

  • Meningkatkan kekuatan otot: latihan dengan dumbel membantu meningkatkan kekuatan otot, terutama pada otot-otot yang terlibat dalam gerakan latihan tersebut.
  • Meningkatkan stabilitas dan keseimbangan: latihan dengan dumbel memperkuat otot-otot stabilisasi, membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan koordinasi gerak.
  • Fleksibilitas gerakan: dumbel memungkinkan variasi gerakan yang lebih besar, memungkinkan latihan isolasi otot tertentu dan latihan dengan tangan tunggal.
  • Mengembangkan otot dengan proporsi seimbang: latihan dengan dumbel memungkinkan pengembangan otot dengan proporsi seimbang, karena masing-masing tangan harus bekerja secara independen.
  • Kenyamanan dan kemudahan: dumbel relatif mudah digunakan dan seringkali lebih nyaman daripada barbel, terutama untuk latihan di rumah.

Ada keuntungan dan kelemahan latihan menggunakan dumbbell, yaitu:

Keuntungan Dumbel

  • Fleksibilitas: dumbel memungkinkan latihan dengan variasi gerakan yang lebih besar daripada barbel. Ini memungkinkan latihan isolasi otot tertentu atau latihan dengan tangan tunggal.
  • Stabilisasi: ini karena dumbel memiliki pegangan di kedua ujungnya, mereka memberikan stabilitas yang lebih baik selama latihan, membantu melatih otot-otot stabilisasi.
  • Pemindahan dan penyimpanan: dumbel umumnya lebih mudah untuk dipindahkan dan disimpan karena bentuknya yang kompak dan tidak memerlukan banyak ruang.

Kelemahan Dumbel

Batas berat: dumbel cenderung memiliki batas berat yang lebih rendah daripada barbel. Ini bisa menjadi kendala jika Anda mencari latihan dengan beban yang sangat berat.

Bijak Memilih Dumbel dan Barbel untuk Latihan

dumbel futake
dumbel futake 12 kg

Baik memilih dumbel atau barbel untuk latihan tidak bisa sembarangan. Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan Anda dan jenis latihan yang ingin Anda lakukan. Tujuannya agar produk yang Anda beli bisa berfungsi secara optimal. 

Di sisi lain, Anda juga harus mempertimbangkan budget yang Anda miliki. Ini karena di pasaran, baik online ataupun offline, dumbel dan barbel memiliki harga yang variatif. Ada yang puluhan ribu hingga jutaan rupiah. 

Jangan lupa cek kualitas dari barbel dan dumbel yang hendak Anda pilih. Misalnya, apakah alatnya mulus atau tidak. Alatnya sesuai dengan berat yang tertulis atau tidak. Nyaman digunakan atau tidak. 

Bijak dalam memilih dumbel dan barbel tidak hanya bisa menyelamatkan latihan Anda agar bisa optimal tapi juga kantong Anda. Seperti memilih dan membeli alat fitnes di Futake. 

Futake menyediakan beragam keperluan alat fitnes dan olahraga yang terbuat dari bahan baku pilihan, seperti baja cor. Penggunaan bahan baku yang berkualitas tersebut membuat dumbel dan barbel dari Futake tahan lama, nyaman untuk digenggam dan digunakan. 

Tidak hanya itu, pilihan alat olahraga dari Futake yang variatif bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Info lebih lengkap bisa langsung hubungi 0813-7799-0055 atau 0822-2999-2299. Jangan sampai kelewatan penawaran spesial untuk Anda ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *