Penyuplai Guiding Block – Banyak masyarakat khususnya bagi orang yang berlokasi di kota pastinya sering menemukan keramik yang diatasnya memiliki tekstur berupa titik-titik bulat kecil maupun berupa pola garis yang memanjang.

Keramik bertekstur ini bukanlah untuk menambah keindahan tatanan kota semata, namun juga untuk memandu dan menunjukkan arah kepada penyandang Tunanetra untuk menemukan jalur yang tepat dan yang lebih aman.

Keramik dengan tekstur berpola diatasnya ini sering dikenal dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Tactile guiding block jalur difabel ini bisa dikatakan sebagai ubin atau keramik yang memiliki permukaan dengan pola yang berguna untuk sarana dalam mengarahkan penyandang Tunanetra untuk menjumpai jalur yang tepat untuk melangkah dan mempermudah penyandang disabilitas tersebut di dalam menuju tempat tujuan.

begitu banyak peran dari Tactile paving block ini sebagai ubin berpola yang dipakai untuk membantu memberikan kemudahan pada Tunanetra dan pejalan kaki lainnya.

Pengertian Guiding Block

Guiding Block Jalur Tunanetra

Tactile paving adalah salah satu ubin keramik yang sekarang ini cukup mudah ditemui sebagai salah satu fasilitas umum baik di fasilitas berupa jalanan umum maupun pada gedung-gedung.

Tactile paving jalur difabel ini sudah banyak tertempel khususnya di kota-kota besar seperti Guiding Block di kota Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Bali, Balikpapan.

Walaupun telah banyak sekali terpasang di berbagai tempat, rupanya ada beberapa masyarakat yang kurang memahami manfaat dan kegunaan dari tactile paving block tersebut.

Penggunaan Guiding Block ini telah popular dipakai di berbagai negara maju dan sekarang ini sudah ada peraturan perundang-undangannya guna merealisasi jalur yang ramah untuk penyandang disabilitas.

Fungsi Guiding Block

Tujuan dari pemasangan Guiding Block ini difungsikan sebagai keramik khusus yang digunakan untuk menyokong dalam memandu dan mengarahkan penyandang difabel supaya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan baik bagi penyandang difabel maupun untuk pejalan kaki yang lainnya.

Selain itu, ada beberapa peran dan fungsi dari pemasangan Tactile paving ini, di antaranya yaitu:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Tunanetra
Guiding Block memiliki kegunaan utama yakni sebagai alat bantu untuk mengarahkan para penyandang Tunanetra dalam berjalan dengan nyaman tanpa rasa takut akan tertabrak oleh kendaraan maupun dari hal-hal lainnya.

Pada Tactile paving block ini ada motif yang berguna untuk memberikan tanda untuk menjadi penunjuk jalan bagi penyandang difabel ketika berjalan. Pada Tactile paving block ini terdapat dua bentuk pola yang berbeda yang diambil dari huruf Braile.

2 bentuk pola itu adalah pola garis-garis lurus yang mempunyai fungsi untuk menyokong dalam memandu dan mengarahkan penyandang Tunanetra, selain itu juga pola tersebut juga mempunyai arti bahwa di jalur tersebut bisa terus berjalan, Guiding Block ini sering dinamakan dengan Guiding block tactile paving Line type. Guiding block tactile paving line type ini biasa ditempelkan sejajar memanjang mengikuti jalur jalan.

Satu bentuk pola yang lain adalah Guiding block tactile paving dengan bentuk pola bulatan-bulatan kecil atau titik bulat yang sering dikenal dengan sebutan Guiding block tactile paving Spot type. Guiding Block spot type berfungsi untuk memberikan petunjuk untuk berhenti.

2. Memberikan keamanan untuk penyandang Tunanetra di saat berjalan
Walaupun memiliki kelainan pada fisiknya, seorang penyandang difabel tetap mempunyai hak yang sama dalam memakai jalanan, trotoar, dan fasilitas lainnya yang tersedia di masyarakat.

Dengan adanya media bantu itu diharapkan dapat berguna dalam meminimalkan adanya resiko bahaya yang dapat terjadi pada disabilitas ketika berjalan.

Selain itu dengan dipasangnya Guiding block tactile paving ini bisa memberikan kemudahan akses untuk disabilitas dan juga untuk pejalan kaki lainnya.

3. Mempercantik tampilan tata kota
Kegunaan lain dari Guiding Block ini yaitu untuk meningkatkan keindahan dari tatanan kota karena dengan terdapatnya Guiding Block ini dapat mempercantik tampilan kota seperti Jalanan kota, jalan ke suatu gedung bangunan, trotoar, dan lain sebagainya.

Selain itu, tentunya dengan melakukan pemasangan Guiding block tactile paving ini akan mendapat nilai lebih lainnya yaitu sebagai kota yang peduli akan hak dan kewajiban bersama tak terkecuali untuk para penyandang difabel.

Pemasangan Tactile Paving

Fungsi Guiding Block Jalur Tunanetra

Pemasangan Tactile paving ini adalah suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 mengenai “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Tactile guiding block ini biasanya dipasang di lokasi-lokasi dan sarana-sarana umum seperti trotoar, jalan, trotoar, stasiun, terminal, dan lain sebagainya.

Adapun jalur jalan yang diberikan Guiding block tactile paving ini diantaranya yaitu pada jalur lalu lintas kendaraan, di jalur menuju tangga, di depan pintu masuk dan keluar gedung, di jalur pintu masuk dan keluar transportasi umum, jalur untuk pejalan kaki misalnya trotoar, jalur yang menghubungkan antara jalan dengan bangunan, serta jalur umum yang mengarah ke transportasi umum terdekat.

Selain pada jalur di luar ruangan, pemasangan Tactile paving block digunakan pada gedung kecuali rumah pribadi dan rumah deret dianjurkan untuk menggunakan sarana pembantu untuk penyandang disabilitas berupa Guiding Block ini untuk mempermudah bagi disabilitas dan lanjut usia dalam melakukan kegiatan.

Sekarang ini penggunaan Guiding block tactile paving yang diproduksi dari material logam lebih banyak digemari, terutama jika untuk dipasang pada dalam gedung bangunan. Tactile paving yang terbuat dari logam khususnya yang anti dengan karatan.

Penerapan Guiding block tactile paving dari logam ini memiliki keunggulan baik dari desainnya yang dapat meningkatkan tempat sekelilingnya menjadi kelihatan lebih modern dan tatanan kota menjadi semakin menarik dan dari segi keawetan yang tentunya akan lebih kokoh dan awet.

Dibutuhkan Guiding block tactile paving yang berkualitas supaya bisa mendapatkan manfaat yang sebanyak mungkin dari pemakaian Tactile guiding block tersebut untuk para disabilitas maupun untuk pengguna jalan lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

Penyuplai guiding block

Apabila Anda membutuhkan produk Tactile guiding block ini, khususnya yang diproduksi dari logam yang tahan terhadap karat, kami sarankan untuk memakai Tactile guiding block dari kami Futake.

Futake adalah perusahaan manufaktur yang menyediakan berbagai produk turunan logam, diantaranya produk Guiding Block ini. Dari Guiding block tactile paving yang diproduksi dari logam biasa hingga Tactile paving yang dibuat dari logam stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun bisa sesuai dengan request dari customer, dan tentunya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yaitu sebagai media untuk membantu menjadi jalur pemandu bagi penyandang disabilitas.

Untuk info ataupun berkonsultasi tentang produk Tactile paving ini bisa menghubungi nomor Telephon atau WA 0822-2999-2299 (Anis) | 0813-7799-0055 (Candrika).

Kami FUTAKE akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan harga guiding block terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *